Wednesday 14 October 2015

5 Pulau Terbesar di Indonesia

FiveColorful- Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga di Indonesia banyak sekali pulau yang membentang dari sabang sampai merauke sehingga diantara banyak pulau yang ada di Indonesia terdapat pulau-pulau yang besar dan luas, dan tentunya berpenghuni dengan banyaknya pulau di Indonesia juga banyak sekali keragaman budaya serta adat istiadat yang menjadikan kekayaan negeri Indonesia dan dengan adanya keragaman budaya tersebut semoga kedamaian selalu ada dalam diri manusianya, balik lagi untuk pulau terbesar di Indonesia itu antara lain :
  1. Pulau Kalimantan, luas total wilayah Pulau Kalimantan adalah 743,330 km², Pulau Kalimantan tidak seluruhnya masuk dalam wilayah NKRI, ada sebagian yang masuk menjadi wilayah Brunei dan Malaysia, namun yang terbesar adalah bagian dari wilayah negara Indonesia. Luas wilayah Pulau Kalimantan yang menjadi bagian wilayah NKRI adalah 539.460 km2.
    Pembagian Provinsi : Kalimantan Tengah, ibu kota Palangkaraya, Kalimantan Timur, ibu kota  Samarinda, Kalimantan Selatan, ibu kota Banjarmasin, Kalimantan Barat, ibu kota Pontianak, Kalimantan Utara, ibu kota Tanjung Selor.
  2. Pulau Sumatera, pulau yang merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia ini memiliki luas wilayah  470.000 km². Letak pulau ini adalah di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. 
    Pembagian Provinsi : Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Naggroe Aceh Darussalam ( Aceh), Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kepulauan Riau.
  3. Pulau Papua, pulau yang dahulu biasa disebut dengan Pulau Irian, merupakan pulau terbesar kedua. Luas wilayah total dari Pulau Papua adalah 786.000 km². Namun, dari total luas wilayah tersebut tidak seluruhnya masuk kedalam wilayah negara Indonesia, karena pulau ini dibagi dalam dua wilayah yang sebagian barat adalah bagian wilayah Indonesia, sedangkan bagian timur adalah bagian wilayah Papua Nugini. Luas wilayah Pulau Papua yang menjadi bagian wilayah NKRI adalah 421.981 km2. Pembagian Provinsi : Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat
  4. Pulau Sulawesi, pulau yang merupakan pulau terbesar dan terluas keempat di Indonesia setelah Kalimantan, Papua, dan Sumatera. Luas wilayah pulau ini adalah 174.600 km². Pembagian Provinsi : Provinsi Sulawesi Barat (Mamuju), Provinsi Sulawesi Utara (Manado), Provinsi Sulawesi Tengah (Palu (kota), Provinsi Sulawesi Selatan (Makassar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Kendari), dan Provinsi Gorontalo (Gorontalo).
  5. Pulau Jawa, luas wilayah Pulau jawa adalah 126.700 km² (48.919,1 mil²). Meskipun Pulau Jawa bukanlah pulau terbesar di Indonesia, namun secara jumlah populasi penduduk, Pulau Jawa menempati urutan pertama jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Pulau Jawa bisa dikatakan pusatnya Indonesia, dimana di pulau Jawa ini pusat pemerintahan berada. Pembagian Provinsi : Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Jawa Barat, ibukota Kota Bandung, Provinsi Jawa Tengah, ibukota Kota Semarang, Provinsi Jawa Timur, ibukota Kota Surabaya, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ibukota Kota Yogyakarta, dan Provinsi Banten, ibukota Kota Serang.
Itulah Lima pulau terbesar di Indonesia. Semoga bermanfaat dan Salam FiveColorfulBlog's.

0 comments:

Post a Comment