Monday 19 October 2015

5 Negara Termiskin Di Dunia

FiveColorful- Negara, sudah pasti kamu tau apa itu negara, yaitu adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Tetapi taukah kamu bahwa tidak semuanya negara itu memiliki kekayaan alam yang melimpah, kita patut bersyukur karena kita hidup di bumi indonesia yang boleh dibilang kaya akan kekayaan alamnya dan sayangnya belum bisa dimanfaatkan oleh putra bangsa dengan baik, mungkin suatu saat akan datang waktunya ketika muncul generasi membanggakan indonesia yang akan membawa negara kita ini menuju negara yang adil dan makmur dan yang pastinya bebas korupsi,kolusi dan nepotisme. Kembali lagi ke topik utama tentang Negara termiskin di Dunia, 5 Negara ini bisa dibilang negara termiskin di Dunia karena pendapatan per kapitannya sangat rendah dibandingkan dengan negara yang lain, negara mana sajakah itu?
  1.  Malawi, Berdasarkan data bank dunia, GDP Perkapita Malawi sebesar US$ 237 pada tahun 2013. Artinya rata-rata penduduk Malawi berpenghasilan Rp 3.081.000 atau sekitar 3 juta setiap tahunnya. Maka per bulannya, penghasilan rata-rata penduduknya berada pada kisaran Rp 250.000. Artinya, masih banyak penduduknya yang berpenghasilan kurang dari US$ 1 setiap harinya. Sehingga Malawi menempati urutan nomor satu dari daftar negara termiskin di dunia.
  2. Burundi, Negara yang merdeka sekitar abad ke 16 dan memiliki  bukota di Bujumbura. Negara ini terletak di bagian tengah benua Afrika sehingga dijuluki sebagai negara tanpa laut berdasarkan data GDP Percapita Bank Dunia, Burundi menempati urutan kedua sebagai negara termiskin di dunia dengan GDP Perkapitanya US$ 267 atau sekitar Rp 3.471.000 setiap tahunnya.
  3. Republik Afrika Tengah, Negara yang memiliki ibukota Bangui ini memiliki kesamaan historis dengan Burundi dalam hal perebutan kemerdekaan kedua negara Afrika ini memperoleh kemerdekaan dari Perancis hasil GDP Perkapita negara ini pada tahun 2013 adalah sebesar US$334.
  4. Niger, Harus anda ketahui bahwa Negara Niger bukanlah Nigeria. Karena keduanya merupakan negara yang berbeda adapun Niger yang masuk dalam kategori negara termiskin urutan ke empat ini memiliki ibukota di Niamey. Data GDP Percapita Niger pada tahun 2013 adalah sebesar US$430.
  5. Republik Kongo, Negara yang dulunya bernama Zaire dan memiliki Ibukota Kinshasa bagi yang gemar sejarah tentu saja ingat betul konflik dan perang saudara berkepanjangan yang menghancurkan negeri ini. Kongo atau Zaire menempati urutan ke lima dengan GDP Perkapita sebesar US$ 444.
Itulah 5 Negara termiskin Di Dunia, daftar diatas menggunakan data GDP (Gross Domestic Product) Percapita atau Pendapatan Nasional Bruto Perkapita yang dilansir Bank Dunia.

0 comments:

Post a Comment