Sunday 11 October 2015

5 Makanan Penambah Darah Yang Ada Disekitar Kita

Fivecolorful- Darah adalah salah satu komponen penting dalam tubuh bagaimana tidak ketika kita kekurangan darah tubuh kita akan lemas dan bisa berakibat hilangnya kesadaran diri, sehingga sangat penting untuk menjaga tekanan darah kita sehingga menjadi normal dan seimbang selalu, Sel darah merah atau hemoglobin berperan penting untuk kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan darah yang mengangkut zat makanan dan oksigen. Apabila kekurangan darah, dapat menimbulkan penyakit anemia yang gejala awalnya seperti lesu, lemah, dan lelah. Untuk mengatasi hal semacam itu alangkah baiknya anda mengatasinya dengan cara alami seperti mengkonsumsi makanan penambah darah seperti berikut ini.
  1. Daun Singkong, tanaman ini merupakan salah satu yang mengandung gizi cukup lengkap. Oleh karena itu, banyak yang memanfaatkan daun singkong sebagai salah satu bahan dasar pembuatan aneka jenis makanan dan dalam penggunaannya dapat digunakan untuk menambah darah. Daun singkong memiliki kandungan antara lain : zat besi, protein, fosfor, vitamin C, vitamin B1, kalsium, lemak, dan karbohidrat.
  2. Apel, buah yang satu ini selain buahnya yang lezat untuk dimakan tetapi juga baik untuk kesehatan bagaimana tidak buah apel merupakan salah satu makanan penambah darah. Hal ini karena buah apel mengandung vitamin yang cukup lengkap serta kaya kandungan zat besi. Zat besi dapat bermanfaat untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah, sehingga apel baik untuk menjadi pilihan yang mengalami kurang darah.
  3. Ikan, hewan yang berada di air ini juga berfungsi untuk mengatasi kekurangan darah karena kaya akan zat besi. Ikan salmon dan ikan tuna juga merupakan sumber utama protein serta asam lemak omega 3. Selain itu ikan juga diperlukan dalam memenuhi kebutuhan protein hewani.
  4. Sayuran, memang tidak semua sayuran bisa digunakan untuk penambah darah tetapi hanya sebagian saja seperti : Ubi, Kacang Polong Hijau, Kol, Bayam, Kacang Merah, Lobak, Sawi, Brokoli, serta Kentang. Dari sayuran-sayuran tersebut, Ubi merupakan sayuran terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk membantu mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen dalam darah.
  5. Daging, seperti yang kita ketahui bersama bahwa daging merupakan salah satu makanan penambah darah. Hal ini karena daging memiliki kandungan yang kaya akan protein serta mengandung 2,8 Mg zat besi, dalam 100 gr daging sapi. Oleh karena itu, jadikan daging sebagai menu wajib pada makanan, walau tidak mengkonsumsi setiap hari.
Itulah Lima makanan penambah darah yang berada disekitar kita, kesehatan yang harus kita jaga ialah kesehatan tubuh kita sendiri, keluarga serta orang-orang terdekat kita dan tidak seharusnya kita hanya menjaga kesehatan harta yang bersifat sementara saja dan mengabaikan kesehatan tubuh kita sendiri, karena bagaimanapun juga mencegah lebih baik dari pada mengobati.

0 comments:

Post a Comment