Saturday 5 November 2016

5 Kuliner Khas Pacitan Ini Wajib Kamu Coba

FiveColorful- Kota Pacitan memang memiliki segudang potensi wisata alam yang sangat mempesona untuk kita kunjungi tetapi tidak hanya kaya akan wisata alam saja, tetapi juga dalam hal kuliner sehingga pada kali ini admin akan mengajak kamu berwisata kuliner, tentunya kuliner yang berada di kota Pacitan. 


Kuliner di kota ini memang memiliki cita rasa yang tidak kalah enaknya dengan tempat tempat lain bahkan bisa membuat kamu ingin terus mencobanya, penasaran? makanan apa sajakah itu? mari kita ikuti pembahasannya.

  1. Nasi Tiwul (Sego Tiwul). 
    Makanan khas dari penduduk pegunungan kidul ini merupakan salah satu makanan yang menjadi ciri khas dari kota ini, makanan yang terbuat dari singkong yang sudah dikeringkan serta dihaluskan dan dimasak hingga menggumpal kecil kecil berwarna kecoklatan. Memang makanan ini menjadi salah satu kuliner khas dari kota Pacitan. Tiwul ini umumnya digunakan sebagai makanan pengganti nasi yang memiliki kalori lebih rendah, biasanya tiwul di sajikan dengan sambal bawang lengkap dengan lalapan.
  2. Kupat Tahu. 
    Menu yang satu ini juga tidak kalah lezatnya selain memiliki rasa yang manis ada juga yang terasa pedas, makanan ini terbuat dari potongan potongan lontong dan tahu tentunya, dalam penyajiannya di taburkan kacang goreng, seledri, taoge dan disiram dengan kuah yang memiliki bumbu yang sangat nikmat serta di beri sedikit kerupuk udang.
  3. Soto Pacitan. 
    Memang makanan yang satu ini hampir setiap daerah ada tetapi kalau Soto Pacitan ini memiliki perbedaan dari Soto yang berasal dari tempat lain yaitu seperti adanya seledri, kacang goreng, kecambah serta kecap sehingga rasa dan rasanya akan berbeda dengan soto dari tempat tempat lain.
  4. Tahu Tuna. 
    Kalau makanan yang satu ini memang sudah menjadi ciri khas dari kota Pacitan, sebenarnya Tahu Tuna ini sekilas bentuknya mirip dengan Tahu Bakso tetapi ini berbeda isi dari tahu tuna ini diisi dengan gilingan ikan tuna yang lembut dan dimasukkan kedalam tahu sehingga jadilah Tahu Tuna.
  5. Ikan Marlin. 
    Kuliner yang satu ini juga memiliki rasa yang sangat lezat, makanan ini terbuat dari daging ikan marlin yang diolah hingga tidak memiliki bau amis dan dagingnya hampir mirip dengan daging ayam, makanan ini biasanya disajikan dengan didampingi sambal pedas, makanan ini sangat cocok apabila disantap pada waktu makan siang.
Itulah lima kuliner khas dari Kota Pacitan, dari kelima makanan tadi bisa menjadi referensi wisata kuliner kalian saat mengunjungi wisata wisata di kota Pacitan.


Sumber Foto : Google Images, Pacitanku.com

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete