Wednesday 26 October 2016

5 Penemuan Ini Menunjukkan Peradaban Modern Masa lampau

FiveColorful- Masa lampau atau sering disebut dengan masa lalu masa dimana manusia hidup dengan sederhana, peralatan sederhana dan semua serba sederhana, tetapi dibalik kesederhanaan yang kita bayangkan dan mungkin dari cerita buku buku sejarah, dan ternyata akhir akhir ini para ilmuan mulai menemukan benda benda yang dianggap sudah canggih dan modern yang berusia ribuan bahkan benda benda ini ditemukan pada zaman pra sejarah yang telah terkubur dan berhasil ditemukan, benda benda ini membuat kita berspekulasi bahwa pada masa lampau sudah ada alat alat canggih dan modern yang selama ini kita hanya membayangkan bahwa masa lampau itu hanya ada benda benda tradisional dan sederhana, penemuan ini juga mengubah tanggapan kita tentang masa lampau, benda benda apasajakah itu? ikuti pembahasnnya berikut ini.
  1. Anticythère Mechanics (Yunani),
    Pada tahun 1900 ditemukan sebuah logam yang membatu yang berusia sekitar 2000 tahun, disebuah kapal karam di pulau Antikythera Yunani. Lima puluh tahun kemudian oleh para ilmuwan arkeolog dan para peneliti lainnya, benda tersebut dicoba untuk dilihat dengan sinar-X. Digunakannya sinar-x adalah opsi terbaik agar artifak tersebut tidak rusak tersentuh, terlubangi atau patah. Lalu dengan sinar-x pula maka logam dan benda padat lainnya dapat ditembus dan terlihat.
    Hasil scan oleh sinar-x, para ilmuwan menemukan dan menunjukkan bahwa benda tersebut didalamnya terdapat gir-gir ukuran kecil yang beroda gigi dan saling berputar satu dengan yang lain seperti alat yang ada pada jam saat ini sehingga diperkirakan dibuat sebagai alat mekanik dan ada juga yang memperkirakan alat ini digunakan sebagai kalender. 
  2. Battery Baghdad (Irak),
    Baghdad Battery atau Baterai dari Baghdad yang kadang disebut juga Parthian Battery adalah nama yang diberikan kepada sebuah artefak berbentuk guci/vas yang diperkirakan berasal dari masa kebudayaan Parthian yang berkembang antara tahun 250 SM hingga 224 M, di dalam guci ini terdapat sebuah pipa tembaga berongga dan sepotong besi yang tersusun dengan rapi. Satu ujung besi direkatkan ke mulut guci dengan aspal sedangkan ujung yang lainnya direkatkan ke dasar tembaga. Penemuan battery ini didasarkan dengan keberadaan mekanik pada jaman pra sejarah dan juga bisa ditemui di kompleks kuil Dendera di Mesir. Pada ruang bawah kuil tersebut terdapat pahatan dinding dua buah benda yang menyerupai bola lampu pijar. 
  3. Piri Reis Map (Turki), 
    Peta kuno bertanda tangan seorang Kapten bernama Piri Reis tercantum tahun 1513 yang juga berarti 21 tahun setelah Colombus menemukan benua Amerika. Peta itu menunjukkan sebagian dari pantai barat Eropa dan Afrika Utara dengan cukup akurat, dan pantai Brasil juga dengan mudah dikenali.Yang menakjubkan adalah bahwa peta itu sangat akurat menggambarkan garis benua atau garis pulau bahkan dilengkapi dengan gambar sungai dan gunung. Yang membuat heran ialah pengetahuan geografi saja mulai berkembang ratusan tahun setelahnya. 
  4. Out-of-Place Metal Objects (Perancis),
    Pada tahun 1885, sebuah bongkahan batubara pecah dan ditemukan sebuah logam berbentuk kubus yang jelas dibuat oleh tangan yg cerdas. Pada tahun 1912, karyawan di sebuah pabrik listrik memecahkan sebuah bongkahan besar batubara dan kemudian sebuah panci besi jatuh dari dalamnya! Sebuah paku ditemukan tertanam dlm sebuah bongkahan batu pasir dari Era Mesozoic. Dan masih banyak lagi, jika penemuan ini dikaitkan dengan awal mula keberadaan manusia maka akan banyak spekulasi didalamnya dikarenakan manusia belum ada 65 juta tahun yg lalu, apalagi orang-orang yg bisa membuat logam. Jadi bagaimana ilmu pengetahuan menjelaskan tabung logam semi-bulat digali dari batu Kapur berusia 65 juta-tahun di Perancis? 
  5. Jantung Buatan (Mesir),
    Tahun 1986, tim arkeologi gabungan Jepang dan Mesir menemukan mumi seorang anak lelaki berusia 5000 tahun. Yang mengejutkan, di dada kiri mumi anak lelaki itu terdapat sebuah jantung buatan yang amat canggih, tak ubahnya jantung buatan modern masa kini. Di waktu lain, tim gabungan dari Jerman, Belgia dan Mesir juga menemukan mumi seorang wanita berusia 30-an dengan jantung buatan yang sama. Itu menunjukkan orang Mesir Kuno sudah mampu menciptakan jantung buatan dan melakukan operasi transplantasi.
Dengan adanya semua penemuan-penemuan diatas baik yang belum terungkap ataupun yang sudah terungkap bahwa pada masa lampau telah menunjukkan bahwa peradaban manusia pada ratusan, ribuan bahkan mungkin jutaan tahun yang lalu telah maju, jauh dari yang selama ini banyak dipikirkan oleh kita semua.

4 comments: